Panekuk. Pancake. Sebenarnya mana yang benar sih??? Mungkin cuma masalah bahasa aja? Yah, whatever lah, yang jelas saya suka sama makanan ini, karena bisa dimakan dengan filling sesuka hati, or ice cream on top dengan taburan meses cokelat, atau cuma pake sirup maple aja juga udah enak banget.

Sore hari ini saya berencana makan panekuk isi vla cokelat, so, saya putuskan untuk membuat panekuk vla cokelat dengan modifikasi rasa mint home made by myself.

Beberapa saat saja buatnya, setelah matang, wooow, Rasanya benar-benar enak, gak pake boong deh.
Rasa panekuk yang empuk dan harum vanilla diselimuti rasa cokelat mint yang manis, lembut dan lumer di lidah, waktu digigit semuanya bercampur memanjakan lidah, hmmmm.. Ambil satu, dua, tiga, eh, kok nagih ya??

Ini dia resepnya, enjoy it....

Resep Panekuk:
1 1/2 cup tepung terigu
1 sdm susu bubuk
1/4 sdt baking soda
2 sdm gula pasir
1 butir telur
30 gr margarine
dua tetes essens vanila
segelas air dingin(bisa lebih bisa kurang)


Resep Vla Cokelat mint:
3 sdm susu bubuk( atau bisa pakai 1/2 gelas susu cair)
2 sdm gula pasir
1 sdm cokelat bubuk
1 sdm bubuk custard
1 sdt tepung maizena
1 gelas air(kalau sudah pakai susu cair, jumlah air dikurangi ya)
1 bh coklat mint batangan (saya pake merk after 8)

Cara Buat:
1. Kita buat panekuk nya dulu yah, semua bahan kering dicampur dalam mangkuk, aduk rata, masukkan vanila, margarin, dan telur, campur, lalu masukkan air sedikit demi sedikit sampai adonan tepung tidak menggumpal. Bila adonan masih terlalu kental dan menggumpal, beri air lagi sedikit demi sedikit.

2. Panaskan wajan anti lengket berbentuk bulat, masak dengan api kecil, beri mentega secukupnya, masukkan adonan panekuk sebanyak satu sendok sayur, buat seperti mendadar telur sampai berbentuk bundaran. Ulangi lagi untuk adonan selanjutnya.

3.Apabila permukaan panekuk sudah berbolong dan pinggiran adonan sudah mengering, segera balik adonan tersebut, panggang sampai matang, dan angkat.

4. Sekarang buat vla cokelat mint nya, campur susu, cokelat bubuk, gula pasir, dan bubuk custard dalam gelas, tambahkan air panas, aduk sampai rata.

5. Panaskan panci, masukkan campuran susu dalam wajan sambil diaduk supaya tidak mengerak di bagian bawah panci.

6. Kecilkan api, masukkan tepung maizena dalam mangkuk/gelas, campur dengan sedikit air, masukkan ke dalam adonan susu cokelat, aduk perlahan sampai mengental, tambahkan cokelat mint batangan, aduk terus sampai cokelat tercampur dan adonan susu mendidih. Matikan api, aduk-aduk lagi beberapa saat.

7. Beri sesendok vla cokelat mint pada satu sisi panekuk, lalu gulung.


Panekuk Vla Cokelat Mint is Ready to eat.....

0 komentar:

Post a Comment

Leave Comments...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...