Bulan Juli ini saya mendapat tantangan dari Klub Berani Baking untuk bikin "Pavlova". Menurut sejarahnya sih, makanan manis yang diberi nama dari seorang penari asal Rusia Anna Pavlova, dibuat oleh seorang chef sebuah hotel untuk menyambut kedatangan  sang penari saat beliau melakukan tour ke Australia dan New Zealand sekitar tahun 1920-an.

Dessert berbahan dasar meringue  ini sangat terkenal di kedua negara tersebut, dan menjadi jenis makanan yang penting untuk masyarakatnya. Karena terbilang mudah proses pembuatannya, Pavlova menjadi hidangan favorit yang penting untuk dihidangkan di saat masyarakat negara tersebut sedang merayakan momen penting di hidupnya, seperti ulang tahun, dan saat menjelang liburan atau hari raya. 
Mungkin seperti nasi tumpeng atau ketupat ya kalau di Indonesia... =))

Nah, sekarang, giliran saya yang mencobanya. begini cerita pembuatannya.....







 KBB #35: Basic White

Note:
·         Buah-buahan dapat diganti sesuai selera atau sesuai musim
·         Cuka anggur putih dapat diganti dengan cuka biasa (cider, putih, dll)
·         Topping buah-buahan bisa dikreasikan atau diganti dengan topping kesukaan masing-masing

Resep 1
Classic Apple Pavlova ---> saya pake buah Apel, jadi judulnya disesuaikan
Sumber: ABC Delicious: Sweets

4 butir putih telur dalam suhu ruangan
250 gram gula caster
2 sendok teh tepung maizena
1 sendok teh cuka anggur putih ----> pake cuka masak biasa
½ sendok teh ekstrak vanilla
2 x 125 gram raspberry
125 gram blueberry -------> ga pake
250 gram strawberry, buang kelopaknya, iris ----> ga pake
300 mililiter krim kental
5 sendok makan gula icing
1 buah apel malang segar, diiris tipis-tipis 




1.  Panaskan oven suhu 150C. Alasi loyang dengan baking paper dan gambar lingkar 22cm.

cerita maya: Gambar  lingkarannya saya buat asal, ga sempet diukur pake penggaris, jadi seadanya cetakan bulat saja.


2.  Kocok putih telur dengan sejumput garam menggunakan mixer elektrik hingga pucuk tumpul. Masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus dikocok, hingga adonan mengkilat dan stiff. Masukkan tepung maizena, cuka dan vanilla, aduk rata.

 cerita maya: Nah, di step ini terjadilah sebuah insiden, saya hanya memasukkan gula saja ke dalam adonan putih telur. Bagaimana cerita selanjutnya?? Mari baca terus....

Proses pengocokan telur
3.  Gunakan sendok besar (atau spatula), tumpuk adonan meringue ke atas gambar lingkar di atas baking paper, lalu buatlah semacam lekukan di tengah adonan meringue menggunakan punggung sendok.

cerita maya:  Baru sadar setelah dibentuk, ternyata ada langkah-langkah yang ter-skip. Saya hanya memasukkan gula ke adonan putih telur!!!!!!! Bahan lainnya kelupaan ga dimasukin, hadeeeuuuuhhh.... Akhirnya semua adonan putih telur saya kembalikan lagi ke dalam mangkuk dan dicampur lagi dengan bahan lainnya, sehingga belepotan sudah loyang dan kertas kue. Pesimis. Jadi ga jadi poko'nya jalan terus deh, pupus sudah harapan..... hiks....




4.  Masukkan dalam oven dan segera turunkan suhu oven ke 100C. Panggang selama 2 ½ jam hingga kulit pavlova mengering. Biarkan di dalam oven hingga pav dingin.

 cerita maya:  Karena bikinnya malem-malem, dan  baru selesai tengah malam, jadi udah ngantuk berat, ga sempet nungguin sampe dingin. Sempat bertanya-tanya juga, apa bener udah mateng apa belum, karena katanya gak boleh dibuka-buka pintu ovennya. Tapi dengan "pede jaya", pavlova ditinggal dalem oven, matikan api, tinggal tidur, dan pavlova baru dikeluarkan dari oven keesokan hari. Ini dia hasilnya< putih mulus....... heheheee....... =)
 
Pavlova Setelah Dingin


5. Kocok krim dengan sisa gula icing hingga pucuk tumpul. Isi bagian tengah pavlova dengan krim kocok dan tabur dengan buah-buahan berry. Sendokkan saus raspberry ke atas susunan buah-buahan, hidangkan segera.

0 komentar:

Post a Comment

Leave Comments...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...