Kali ini tantangan KBB meng-Indonesia sekali, Bika Ambon.


Waktu ngomong mo bikin Bika Ambon, dibilang gini, "Kalo mau bikin kue, jangan langsung bika ambon, coba dulu bikin yang gampang",  karena konon katanya proses membuatnya ga sembarangan, harus pake teknik yang bener. Tapi show must go on, harus laporan juga akhir bulan kan ke host nya KBB, jadi nya ya nekat aja bikin si kue Bika Ambon ini.

Waktu yang diperlukan untuk membuat kue ini lama juga ternyata, sekitar 5 jam-an. Aku bikin sore pas udah menjelang malem, tengah malam baru selesai, hahahaaa... Gpp deh, yang penting puas dan ga penasaran lagi. Sempet panik juga, karena ada yang saat kusodorkan kue ini, langsung bilang, "Martabak manis ya??" Waduh, langsung search sana sini, ternyata emang mirip-mirip sih sama martabak manis penampilannya, tinggal kasih keju sama mentega di tengahnya =p

Tapi pas dibelah tengah-tengah nya si Bika Ambon ini, baru keliatan bolong-bolong kayak sarang. Horeeee..... *senangnya....

Beberapa minggu setelah dapet surtjin dari KBB, mantengin milis dan cari berbagai informasi di google, ternyata ada beberapa poin yang aku catet, yaitu :

1. Api bawah saat pemanggangan sangat berpengaruh terhadap pembentukan sarang kue bika ambon ini
2. Penggunaan kertas roti sebagai alas loyang harus menutupi loyang, karena beberapa teman sesama anggota KBB kertas roti yang digunakan bisa mengambang, ga tau juga gimana bentuknya, karena kertas roti yang aku pakai tetap berada di dasar loyang. Mungkin ada yang bisa menjelaskan???
3. Ragi yang dipakai harus dalam keadaan fresh, belum kadaluarsa.
4. Proses fermentasi jangan kelamaan, karena mempengaruhi rasa si Bika Ambon, jadi terlalu asam dan bau wangi nya kurang 'mengundang'
5. Menurut teman-teman yang mencicipi kue ini, rasanya enak, tidak terlalu manis dan pas di lidah, tidak berminyak dan tidak eneq, dan paling enak kalau dipanaskan dulu sebelum disantap.

Jangan takut sama mitos susah nya bikin bika ambon ini, dengan berbekal resep nya mba Rachmah Setyawati ini poko'e dijamin sakses dan uenaaaakkk tenan.....

Berikut gambar-gambar proses pembuatan kue Bika Ambon dan resepnya :






Proses pembuatan Bika Ambon

Hasil yang enyakkkk....


Bersarang......
















Resep :

KBB #34: Made in Indonesia
Resep

BIKA AMBON
by Rachmah Setyawati

Bahan Biang :
50 gr Tepung Terigu
20 gr Ragi
25 gr Gula Pasir

3 gr Garam Halus
100 ml Air Kelapa
Bahan lainnya :
250 gr Tepung Tapioka/Kanji
12 butir kuning telur
4 butir putih telur
275 gr Gula Pasir
Bahan Cair :
500 ml Santan mentah kental (dari 2 butir kelapa utuh)
2 gr Garam halus
3 btg Serai
8 lbr daun jeruk (buang tulang daunnya)
2 lbr daun pandan
Cara membuat :
1. Aduk bahan biang. Taruh dlm baskom ragi instant, tepung terigu, lalu gula pasir dan garam halus. Tuangi air kelapa, uleni /aduk dengan tangan hingga merata, lalu tutup baskom dengan lap/plastik wrap, diamkan hingga 30-45 menit. Biarkan hingga adonan biang mengembang.
2. Sambil menunggu adonan biang mengembang, masak santan kental beserta garam halus, serai, daun jeruk dan daun pandan , hingga panas saja (tidk sampai mendidih). Sisihkan , biarkan dingin suhu ruang.
3. Kocok semua telur dan gula pasir hingga mengental. Kemudian ambil adonan biang, campurkan dengan tepung tapioka/kanji, aduk menggunakan tangan merata. Lalu tambahkan adonan telur kental tadi ke dalamnya sedikit demi sedikit sambil terus diaduk tangan. Gerakkan telapak tangan naik turun saat mengaduknya (dikeplok-keplok), hingga tercampur merata semua adonan. Kemudian masukkan santan kental yang sudah disaring terlebih dahulu. Aduk rata kembali menggunakan tangan,dgn cara yg sama dikeplok-keplok hingga adonan tercampur rata dengan tekstur yg halus (sekitar hampir 20menit), kemudian diamkan adonan ini hingga 3 jam (tutup atas dgn lap/plastic wrap).
4. Setelah 3 jam, olesi tipis2 seluruh permukaan loyang dgn minyak goreng. Alasi permukaan dasar loyang dgn kertas roti dan poles lagi minyak goreng. 
5. Panaskan oven dengan panas sedang (sekitar 160 derajat celcius) - api bawah saja. Letakkan sejenak loyang tadi sekitar 15 menit di dalam oven, kemudian keluarkan dan tuang adonan ke dalam loyang.
6. Masukkan loyang berisi adonan ke dalam oven, panggang di rak paling bawah, buka sedikit pintu oven , hanya hingga adonan bika ambon dlm loyang sudah terlihat berlubang2 permukaan atasnya (pertanda sudah mulai terbentuk serat pd adonan bika ambon, baru kemudian tutup pintu oven , lanjutkan pemanggangan hingga matang sempurna, sekitar 40-50menit. 
Lakukan tes tusuk untuk lebih menyakinkan apakah kue sdh matang sempurna. Setelah matang, matikan api bawah oven,
Lalu nyalakan api atas, panggang sejenak/hingga permukaan bika ambon terlihat lebih kecoklatan. 
7. Matikan api oven, keluarkan bika ambon, diamkan di suhu ruang hingga dingin, baru kemudian gunakan pisau kecil tajam, untuk membantu mengeluarkan bika ambon dari loyangnya.
Keterangan : untuk loyang kotak ukuran 20X20X7/10cm

6 comments:

  1. Terimakasih banyak resepnya. artikel yang menarik dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Thx udah mampir. Mantap banget memang resepnya, silakan dicoba yaaa... =)

      Delete
  3. terimakasih dah berbagi resepnya Aneka Resep Nusantara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kembali sudah mampir... =) Silakan dicoba yaaaaa resepnya

      Delete

Leave Comments...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...